Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Update Data Pemilih, KPU Banyumas Coret Pemilih Meninggal Dan Pindah Domisili

Purwokerto, kab-banyumas.kpu.go.id – Pemilih yang tidak memenuhi syarat lagi, baik karena meninggal dunia maupun pindah domisili, dicoret dari daftar pemilih di Kabupaten Banyumas. Hal itu dilakukan setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas melakukan sinkronisasi data dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil).

Dari rekapitulasi data pemilih berkelanjutan Mei 2020 sebanyak  1.352.941, pada Juni 2020 diperoleh data 1.319 pemilih dinyatakan tidak memenuhi syarat dan 113 dimasukkan menjadi pemilih baru. Itulah salah satu poin pembahasan Rapat Pleno Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan, Jumat (10/07/2020), di aula KPU Kabupaten Banyumas.

“Dari hasil konsolidasi dan sinkronisasi per Juni 2020 didapatkan data pemilih baru potensial sebanyak 113 orang dan 1.319 kita coret karena meninggal dunia atau pindah domisili.” ujar Khasis Munandar, ditemui di sela-sela rapat pleno.

Rapat pleno yang dihadiri oleh komisioner dan pejabat struktural di lingkungan KPU Kabupaten Banyumas ini akhirnya menetapkan rekapitulasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan periode Juni 2020 sebanyak  1.351.735 orang. Jumlah itu terdiri dari  674.827 pemilih laki-laki dan  676.908 pemilih perempuan. “Jadi dari DPTHP (Daftar Pemilih Tetap hasil Perbaikan) Pemilu 2019 kemarin, sampai hari ini pemilih di Banyumas bertambah 754 orang. Kita akan update terus setiap bulan,” kata anggota KPU Banyumas yang membidangi perencanaan dan data ini.

Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan merupakan salah satu kegiatan dan program KPU Banyumas di tahun 2020 yang bertujuan untuk memelihara daftar pemilih Pemilu 2019. Pemeliharaan dilakukan dengan menyandingkan data yang sudah dikonsolidasi dan disinkronisasi dengan data kependudukan terkini yang dimiliki Dindukcapil. Setiap bulan, KPU Banyumas akan menetapkan rekapitulasi dan hasilnya akan diumumkan kepada masyarakat dan dilaporkan kepada KPU RI melalui KPU Provinsi Jawa Tengah. (SPA)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!