Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

WACANA E-VOTING MUNCUL SAAT SOSIALISASI PILKADA 2018

Purwokerto – Ketua Karang Taruna Muda Sejahtera Desa Susukan Kecamatan Sumbang, Banyumas, Fajar Triono usulkan penggunaan sistem e-Voting dalam pemilihan. Hal itu disampaikan olehnya kepada Suharso Agung Basuki, anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas dalam kegiatan Sosialisasi Pilkada Serentak Tahun 2018 yang digelar di Pendopo Sasana Wasesa Desa Susukan, Sumbang pada Rabu (21/3) malam.

Fajar menyampaikan usulan itu dalam sesi diskusi. Menurutnya, sistem e-Voting dapat mengefisiensi waktu dan tenaga dalam penyelenggaraan pemilihan. Di samping itu, dengan sistem e-Voting menurutnya dapat meminimalisir kegandaan penggunaan hak suara.

“Setiap penduduk kan Cuma punya satu Nomor Induk Kependudukan, jadi suaranya pasti satu,” terangnya.

Menanggapi hal itu, Agung mengapresiasi usulan itu. Menurutnya, pemilihan menggunakan sistem e-Voting sudah pernah diwacanakan oleh KPU Republik Indonesia.

“Sistem itu sudah pernah diwacanakan KPU RI dan memang ada positif dan negatifnya,” jelas Agung.

Sistem e-Voting, tambahnya, memang dapat mempercepat dan memudahkan pemilihan namun hanya bagi kalangan yang bisa dan mudah mengaksesnya. Sedangkan realita di Indonesia yang masih memiliki daerah terpencil dan jauh dari kemudahan akses internet, menurutnya akan menghambat sistem pemilihan secara online. Namun, bukan berarti e-Voting tidak akan dilakukan, melainkan KPU akan senantiasa memperbaiki sistemnya agar penyelanggaraan pemilihan ke depan lebih mudah. [rfk]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!