Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

WARGA KRANGGAN BELAJAR PEMILU BERSAMA KPU BANYUMAS

BANYUMAS – Puluhan warga Desa Kranggan, Pekuncen belajar mengenai Pemilu Tahun 2019 bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas melalui kegiatan Sosialisasi Pemilu 2019 melalui Forum Warga Berbasis Keluarga di Balai Desa Kranggan pada Rabu (5/12).

Hadir pada kesempatan itu Kasworo, Kasubbag Teknis dan Hupmas KPU Kabupaten Banyumas sebagai pembicara. Disambut antusiasme warga yang tinggi untuk belajar Pemilu, Kasworo menyampaikan tentang waktu pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2019.

“Kita akan mencoblos di TPS pada hari Rabu tanggal 17 April 2019,” terangnya.

Ia melanjutkan, yang dimaksud Pemilu serentak adalah akan ada lima surat suara yang akan dicloblos.

Surat suara itu, lanjut Kasworo, berupa surat suara (SuRa) Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yang berwarna hitam, SuRa pemilihan anggota DPD RI berwarna merah, SuRa pemilihan anggota DPR RI yang berwarna kuning, SuRa pemilihan anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah yang berwarna biru dan SuRa pemilihan anggota DPRD Kabupaten Banyumas yang berwarna hijau.

Kasworo berpesan, pemilih harus cermat dalam menyoblos. Selaian agar suaranya sah, juga agar pemilih tidak keliru dalam memasukan surat suara ke kotak suara setelah mencoblos.

“Memasukan surat suara ke kotak harus sesuai jenis pemilihannya. Nanti bisa dibedakan dari warnanya,” ungkapnya.

Selain itu, dalam masa persiapan Pemilu, pria berkacamata ini juga mengajak agar warga aktif mengikuti tahapan perekrutan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Katanya, akan ada 38.059 orang untuk dijadikan KPPS dan 10.874 orang untuk dijadikan sebagai tenaga pengamanan untuk TPS. [jik]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!