Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Webinar Kehumasan, Upaya KPU Banyumas Tingkatkan Kapasitas SDM

Kadar Setyawan, Kepala Bagian Publikasi dan Sosialisasi Informasi Pemilu KPU RI memaparkan materi Webinar Kehumasan, Rabu (22/07/2020).

Purwokerto, kab-banyumas.kpu.go.id – Niat besar dari personil pemberitaan harus terus ditumbuh-kembangkan walau tanpa adanya dukungan anggaran yang maksimal dari lembaga. Hal ini merupakan modal dasar dalam pemberitaan kegiatan kelembagaan atau informasi kepemiluan. Demikian pesan yang disampaikan oleh Kadar Setyawan, Kepala Bagian Publikasi dan Sosialisasi Informasi Pemilu Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) yang menjadi narasumber dalam webinar dengan tema “Peningkatan Kompetensi Kehumasan, Pemberitaan dan Penerbitan Informasi Pemilu”, Rabu (22/07/2020).

“Tenaga pemberitaan dan publikasi harus tanggap, jemput bola terhadap informasi kegiatan yang akan dilaksanakan oleh lembaga, selalu koordinasi dengan pihak terkait dan melapor kepada pimpinan,” kata Pria yang akrab disapa Wawan ini. Wawan juga mengajak kepada seluruh peserta untuk selalu meningkatkan kapasitas masing-masing dalam publikasi pemberitaan lembaga KPU.

Banyak hal dan kiat-kiat yang disampaikan oleh Pria kelahiran Purworejo ini. Pentingnya pemahaman mengenai kehumasan, peran media dalam pemilu atau pemilihan, teknis penulisan berita dan foto jurnalistik, hal-hal mengenai pengelolaan pemberitaan dan dokumentasi kegiatan serta motivasi menjadi materi yang disampaikan secara lugas dan sangat bermanfaat bagi satker di Kabupaten/Kota.

Anggota KPU Kabupaten Banyumas, Yasum Surya Mentari, dalam pengantarnya menyampaikan bahwa peran kehumasan ataupun pemberitaan dari lembaga penyelenggara pemilu sangat penting untuk membangun kepercayaan publik.

“Oleh karena itu, kami berupaya meningkatkan kemampuan teknis dalam mengemas berita atau informasi tentang kepemiluan dengan menghadirkan narasumber yang kompeten dari internal KPU RI,” ujar Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM ini. Hal ini juga merupakan bagian dari upaya pendidikan terhadap pemilih secara berkelanjutan walau Kabupaten/Kota tidak sedang melaksanakan Pilkada 2020, seperti Kabupaten Banyumas saat ini.

Kegiatan webinar yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Banyumas ini diikuti oleh seluruh komisioner dan sekretariat KPU Kabupaten Banyumas dan beberapa perwakilan baik komisoner maupun kasubbag Teknis dan Hupmas dari KPU Kabupaten/Kota lainnya. (SKS)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!