Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Webinar Upaya Tingkatkan Pemahaman Pengelolaan Arsip

Purwokerto, kab-banyumas.kpu.go.id – Masalah kearsipan ini menjadi perhatian bersama yang patut untuk didiskusikan. Selain itu juga peran teknologi dalam pengelolaan arsip (digitalisasi arsip) perlu dikembangkan secara serius mengingat adanya keterbatasan tempat penyimpanan arsip yang dimiliki Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/Kota serta kurangnya tenaga fungsional arsiparis di KPU khususnya KPU kabupaten/kota.

Arsip bagian penting dari sejarah yang terkadang kurang diperhatikan pengelolaannya. Pada tataran aturan memang sudah cukup tetapi pada implementasi pelaksanaan pengelolaan arsip ditingkat bawah, terutama di KPU kabupaten/kota masih belum dipahami dengan baik.  Artinya pengelolaan arsip pemilu belum seragam dan terstandarisasi dengan sempurna.

Hal ini yang mendasari KPU Kabupaten Banyumas menyelenggarakan kegiatan webinar bertema “Peran Arsip dalam Penyelenggaraan Pemilu di Era Digital”, Kamis (24/9/2020). Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Kasubbag Kearsipan dan Tata Persuratan Biro Umum KPU RI Krishnamoni.

Acara diawali dengan sambutan dari Anggota KPU Banyumas Divisi Hukum dan Pengawasan, Suharso Agung Basuki dan Kabag KUL KPU Provinsi Jawa Tengah Suryanto, dengan peserta webinar Kasubbag Keuangan, Umum dan Logistik (KUL) atau staf yang membidangi kearsipan dari KPU Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Jawa Tengah serta pegawai KPU Banyumas.

“Diharapkan setelah webinar ini, peserta dapat lebih memahami bagaimana pengelolaan arsip di KPU kabupaten/kota yang baik, benar dan sesuai aturan yang berlaku sehingga arsip dapat lebih bermanfaat dan dapat memberikan informasi dengan cepat dan tepat jika suatu saat diperlukan,” pungkas Kasubbag KUL KPU Kabupaten Banyumas Subrantas Adhy Candra yang bertindak selaku moderator webinar. (sac) 

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!